Sabtu, 01 Agustus 2015

TIP DAN TRIK SAAT PKL


1. Survey Lokasi PKL.

Survey lokasi ini penting untuk lebih cepat kita nantinya beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru tempat PKL. Jika tempat PKL jauh dari tempat tinggal misal diluar kota harus menjari tempat tinggal yang lebih dekat karena bagusnya tempatnya jangan terlalu jauh dari tempat kita kerja praktek dengan cara indekost. Hal ini untuk mengantisipasi kedisiplinan dalam waktu masuk. Jika jarak tempat PKL dengan tempat tinggal takutnya jarak tempuh dan waktu masuk bisa menggangu dan menyebabkan keterlambatan.

2. Persiapan Perlengkapan (safety) . 

Lakukan persiapan dengan matang. Jika nanti kondisi ditempat PKL memerlukan berbagai peralatan tambahan seperti sepatu safety mungkin atau lain2nya, siapkanlah dari awal. Cobalah untuk menanyakan kegiatan apa kira-kira yang akan kita lakukan di tempat praktek tersebut. Di beberapa perusahaan biasanya disediakan buku yang bisa dipelajari sebelum PKL, cobalah untuk meminta sehingga bisa melakukan persiapan PKL dengan matang.
3. Patuhi seluruh peraturan

Patuhi seluruh peraturan yang ada baik tertulis maupun tidak tertulis

4. Sopan

Kesopanan terhadap seluruhnya itu sangat penting maka jagalah kesopanan anda. Ingat sopan santun itu perlu, sapa lah bapak/ibu manager, karyawan sampai satpam, entah kenal atau gak, jika kita berpapasan. Ucapkan salam dan jabat tangan lah ketika absen pagi dan saat akan pulang. Bertanyalah dengan sopan, aktif dengan santun dan nikmati dunia kerja praktek dengan enjoy dan senyaman-nyamannya.

5. Displin

Sikap disiplin sangat penting karena saat anda nanti benar benar bekerja disiplin itu diutamakan

6. Jangan Malu


Jangan Malu untuk bertanya ada istilah malu bertanya sesat beneran. Apa maksudnya? Jadi begini, saat kerja praktek nanti kita adalah sebagai orang baru disana. Sayangnya, kita orang baru yang benar2 blank dunia baru kita tersebut. Sedangkan orang-orang lama, tentunya memilki kesibukan masing-masing, dan belum tentu bisa menyediakan waktu untuk share ilmu kepada kita. walaupun itu mungkin pimbimbing lapangan kita sendiri. Dan jangan malu memberi atau mengungkapkan Inisiatif
Nah, disinilah kita dituntut untuk aktif bertanya tentang apa yang dilakukan oleh bapak/ibu tersebut. Biasanya mereka akan lebih mudah berbagi ilmu jika kita yang bertanya. Jadi mereka bisa tetap bekerja sambil berbagi ilmu kepada kita.

7. Aktiflow

Aktiflah di tempat PKL anda. Justru mereka senang jika mereka bisa berbagi ilmu dengan kita. yang terpenting adalah cara kita berkomunikasi dengan baik kepada mereka.

8. Enjoy dan santai aja

Enjoy dan santai saja saat PKL, jangan terlalu gugup atau penakut. Dunia kerja itu sebenarnya lebih mudah daripada dunia kuliah. Yang susah itu dapetin kerjaannya. Dunia PKL gak sengeri yang kita pikirkan kok. Ada sih ilmu yang sesuai pada saat kita belajar di kampus. Namun lebih banyak yang tidak kayaknya.^^Tapi tenang saja, bapak/ibu disana siap membantu kok. Jangan takut salah atau rusak, justru disitulah kita belajar agar besok bisa menjadi benar.

9. SKSD

Yupz, sok kenal sok dekat. jangan sampai kita terlihat sombong, sapa lah setiap orang yang berada di sekeliling tempat kita praktek. cobai ngatlah selalu nama-nama bapak/ibu karyawan yang ada lingkungan tempat PKL kita tersebut. Agar tak lupa catat nama mereka. Kalo lupa tanya pada teman PKL anda kalo tidak coba lihat struktur kepegawaiannya,pasti ada namanya. Hal ini penting agar kita tidak canggung jika nanti tiba-tiba diajak ngobrol berdua. Karena kalo kita ingat nama seseorang dan saat ngobrol bisa berkata misal “Pak Nanto sedang apa?” itu lebih baik daripada bilang sekedar “sedang apa pak?” Ingat manusia hakikatnya suka dianggap dan terhargai. Selain itu, syukur-syukur nanti selesai PKL kita dapet berita “Dek, kalo udah lulus mau nggak kerja disini. “ , siapa tahu kan .
.
10. Jangan mengharapkan sesuatu yang berlebihan

Anda jangan mengharapkan sesuatu yang berlebihan kepada dunia industry tersebut misalnya anda disuruh dan anda berfikiran nanti pasti diberi imbalan, jangan pernah sekalipun berfikiran seperti itu.
Nah, itu lah beberapa tips dan trik dalam melakukan Praktek Kerja Lapangan. Yah, semoga bisa jadi bahan referensi bagi teman2 yang akan melakukan PKL atau sedang proses magang. Jika temen-temen ada yang ingin menambahkan saran tips dan trik PKL ini saya persilahkan dengan senang hati.
Semoga Bermanfaat bagi siswa ku!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar