Selasa, 08 Juni 2010

MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

Oleh: Amir Hamzah
Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang

Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan
SDM yang akan menopang gerak pembangunan. Dalam era reformasi yang
diikuti oleh pemberlakun otonomi daearah berdasarkanUndang-Undang no.2
tahun 1999 serta Undang-undang nomor 25 tentang perimbangan keuangan
pusat dan daerah memiliki dampak logis pada kewenangan daerah yang
semakin otonom, termasuk di dalamnya menyangkut bidang pendidikan.

Pendidikan yang sebelumnya dikelola oleh pusat (sentralisasi)
dikembalikan kepada daerah. Dengan kebijakan ekonomi makronya,
memberikan imbas terhadap otonomi sekolah sebagai sub sistem pendidikan-
nasional mengharuskan pemerintah melakukan rekontruksi kebijakan dalam
upayamengontrol peningkatan mutu, efisiensi dan relefansi pendidikan serta
pemerataan pelayanan pendidikan, upaya-upaya tersebut tercermin dalam
tindakan berikut:

1. Upaya peningkatan mutu dilakukan dengan menetapkan tujuan dan
standar pendidikan, yaitu melalui konsensus nasional. Standar kompetensi
yang memungkinkan adanya perbedaan antar daerah akan menghasilkan
standar kompetensi nasional dalam tingkatan standar minimal, normal
dan unggulan.

2. Peningkatan efisiensi pengelolan pendidikan mengarah pada pengelolaan pendidikan berbasis sekolah dengan memberi kepercayaan yang lebih luas kepada sekolah untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada.

3. Peningkatan relevansi pendidikan mengarah pada pendidikan bebasis
masyarakat serta orang tua dalam level kebijakan dan level operasional
melalui komete (dewan) sekolah.

4. Pemerataan pelayanan pendidikan mengarah pada pendidikan yang
berkeadilan berkenaan dengan pengelolaan biaya pendidikan yang adil
dan transparan
PENGERTIAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

Manajemen Berbasis Sekolah adalah suatu sistem pengelolaan
pendidikan yang memberi keleluasaan kepada sekolah untuk mengatur dan
melaksanakan kebijakan secara luas yang bertujuan meningkatkan efisiensi ,
mutu dan pemerataan pendidikan, partisispasi masyarakat dan penyederhanaan
birokrasi.
KONSEP DASAR MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
Manajemen pendidikan adalah segala sesuatu yang berkenaan dengan
pengelolaan proses pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dida
lam pelaksanaan manajemen sekolah diterjemahkan dalam empat fungsi
pokok, yaitu :
1. Perencanaan; merupakan proses yang sistematis dalam pengambilan
keputusan tentang tindakan yang akan dilakukan pada waktu yang akan
datang.
2. Pelaksanaan; merupakan kegiatan untuk merealisasikan rencana menjadi
tindakan nyata dalam rangka mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

3. Pengawasan; upaya untuk mengamati secara sistematis dan
berkesinambungan, merekam, memberi petunjuk, penjelasan, pembinaan
dan meluruskan berbagai hal yang kurang tepat dan memperbaiki kesalahan.
4. Pembiayaan; merupakan rangkaian upaya pengendalian secara profesional
semua unsur organisasi agar berfungsi sebagaimana mestinya.
KARAKTERISTIK

MBS ditawarkan sebagi bentuk operasional desentralisasi pendidikan
yang diharapkan memberikan dampak terhadap peningkatan mutu dan efisiensi
kinerja sekolah. Kerakteristik MBS bisa diketahui dari bagaimana sekolah dapat
mengoptimalkan kinerja organisasi sekolah, proses belajar mengajar,
pengelolaan SDM, dan pengelolaan sumber daya administrasi
Kepemimpinan berkaitan dengan masalah kepala sekolah dalam
meningkatkan pertemuan secara efektif dengan guru dalam situasi yang
kondusif. Prilaku kepala sekolah harus mendorong kinerja guru dengan
menunjukkan sikap yang bersahabat, dekat dan penuh pertimbangan terhadap
para guru. Terdapat banyak teori kepemimpinan dengan bermacam-macam pola
yang rumit akan tetapi pada giliranya terpulang kepada integritasmoral
pemimpin dalam menjalankan fungsi jabatan dan kepemimpinannya. Peru
ditegaskan bahwa sistem rekrutmen pemimpin yang tidak profesional
merupakan penyebab utama karakter pemimpin yang tidak profesional dan
arogan. Menarik untuk didiskusikan tentang beberapa teori motivasi yang
mendorong keinginan seseorang untuk berbuat sesuatu, antara lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar